Jumat, 30 November 2012

apresiasi seni

TUGAS 1
“Tarian Nusantara”

Sejarah Tari Saman



Tari saman berasal dari dataram timggi tanah Gayo yang diciptakan oleh seorang Ulama Aceh bernama Syekh Saman,sekitar abad 16 Masehi.Pada mulanya tarian ini hanya merupakan permainan rakyat biasa yang disebut Pak Ane . Melihat minat yang besar masyarakat pada kesenian ini maka oleh syekh disisiplah dengan syair-syair yang berisi puji-pujian kepada Allah swt, sehinggatarian ini dijadikan media dakwah pada saat itu.
            Tari Saman merupakan bagian dari budaya masyarakat Gayo yang berfungsi sebagai media komunikasi, ajang silaturahmi dan sebagai hiburan. Umumnya tarian ini dilakukan di bale-Saman atu dilapangan kampung yang ditampilkan pada hari-hari besar seperti upacara perkawinan ,hari Raya dsb.


Persepsi Tari Saman

            Diakuinya tari saman sebagai salah satu warisan budaya memberikan kebanggaan tersendiri bagi masyarakat Indonesia khususnya bagi warga Aceh . Tari Saman termasuk salah satu tarian yang cukup unik karena hanya menampilakn gerak tepuk tangandan gerakan gerakan seprti gerak badan, kepal dan posisi badan.
Keunikan lain tarian Saman ini terlihat pada posisi duduk para penari dan goyangan badan yang dihentakkan kekiri atau kekanan ketika syair-syair dilagukan. Betapa indahnya padi disawah dihembus angina yang lemah gemulai .namun dewasa ini fungsi tarian Saman menjadi berser .tarian ini lebih sering berfungsi sebagai media huburan pada pesta –pesta dan hajatan.




Pengetahuan Yang Dapat Diambil

            Tari Saman merupakan salah satu media untuk pencapaian pesan (dakwah). Tarian ini mencerminkan pendidikan, keagaman, sopan santun , kepahlawanan , kekompakan dan kebersamaan.
Tari Saman biasanya ditampilkan tidak menggunakan iringan alat musik akan tetapi menggunakan suara dari  para penari dan tepuk tangan mereka yang biasanya dikombinasikan dengan memukul dada dan pangkal paha mereka sebagai sinkornisasidan menghempaskan badanke berbagai arah. Tarian ini dipandu oleh seorang pemimpin yang lazimnya disebut Syekh.


Pengertian Tari Saman



            Tari Saman ialah sebuah tarianyang menggabungkanseni suara, gerakan badan, dan tepuk tangan sebagai pengganti musik pengiring memang sangat melekat dengan Aceh. Tari Saman dilakukan oleh kaum laki-laki yang umumnya berusia muda mereka berlatih Samansejak usia dini di mesrah (musalah).
            Dalam tarian saman terdapat regum yaitu mukaddimah yang berupa tiruan bunyi yang diucapkan bersama-sama. Kemudian tarian dilanjutkan dengan salam yang diucapkan oleh salah seorang pemain (penangkat/Syeh) setelah itu disebut Ulu Ni lagu atau permulaan tari .Tahap selanjutnya adalah lagu dan gerakan-gerakan tari ,selanjutnya disebut Anak Ni Lagu adalah gerak tangan yng ringkas dan pendek yang berisi syair terdiri dari saur dan redet.
            Karena keseragaman formasi dan ketepatan waktuadalah suatu keharusan dalam menampilkan tarian ini maka penari dituntut untuk memiliki konsentrasi yang tinggi dan latihan yang serius agar dapat tampil dengan sempurna.Tarian ini khususnya ditarikan oleh para pria.




Analisa Tari Saman

-Nyanyian
            Para penari menambah kedinamisan dari tarian Saman. Cara menyanyikan lagu-lagu dalam tari Saman dibagi 5 macam :
  1. Bengum, yaitu auman yang diawali oleh pengangkat
  2. Dering, yaitu regnum yang segera diikuti oleh semua penari.
  3. Redet, yaitu lagu singkat dengan suara pendek yang dinyanyikan oleh seorang penari pada bagian tengah tari
  4. Syek, yaitu lagu yang dinyanyikan oleh seorang penari dengan suara panjang tinggi melengkung biasanyya sebagai tanda perubahan gerak
  5. Saur, yaitu lagu yang diulang bersama oleh seluruh penari setelah dinyanyikan oleh penari solo.

-Gerakan
            Tarian Saman menggunakan dua unsure gerak, yang menjadi unsur dasar dalam tarian Saman :
Tepuk tangan dan tepuk dada,
Diduga ketika menyebarkan agama islam syeikh Saman mempelajari tarian melayu kuno kemudian menghadirkan kembali lewat gerak yang disertai dengan syair-syair dakwah islam demi memudahkan dakwahmya . Dalam konteks kekinian tarian ritual yang disebut religius ini masih digunakan sebagai media untuk menyampaikan pesan-pesan dakwah melalui pertunjukan .

-Penari
            Pada umumnya, Tarian saman dimainkan oleh belasan atau puluhan laki-laki ,tetapi jumlahnya harus ganjil. Pendapat lain mengatakan tarian ini ditarikan kurang lebih dari 10 orang dengan rincian 8 penari dan 2 orang sebagai pemberi aba-aba sambil bernyanyi. Untuk mengatur berbagai gerakannya ditunjuklah seorang pemimpin yang disebut Syeikh. Syeikh juga bertugas menyampaikan syair-syair lagu Saman yaitu Ganit.

Kostum atau busana khusus tari Saman terbagi dari tiga bagian yaitu:
  1. Pada Kepala : Bulung teleng dan tengkuluk dasar kain hitam empat persegi. Dua segi disulam dengan benang seperti baju ,sunting kepies.
  2. Pada badan : baju pokok atau baju kerawan (baju dasar warna hitam disulam benang berwana putih hijau dan merah. Bagian pinggang disulam dengan kedawek dan kekait baju bertangan pendek) celana dan kain sarung.
Pada Tangan : Topeng gelang ,sarung tangan begitu pula halnya dalam penggunaan warna menurut tradisi , brgitu pula dalam warna-warna mengandung nilai-nilai tertentu ,karena melalui warna menunjukan identitas para pemakainya Warna-warna tersebut menerminkan  kekompakan , kebijaksanaan, keperkasaan ,keberanian dan keharmonisan



Penilaian Tari Saman

            Menurut pendapat Saya, tarian saman dari Aceh ini cukup unik, karena hanya menampilkan gerak tepuk tangan dan gerakan-gerakan seperti gerak badan, kepala dan posisi badan. Keunikan tarian saman ini terletak pada kekompakan gerakannya yang sangat menakjubkan .Para penari Saman dapat bergerak serentak mengikuti irama musik yang harmonis.Gerakan-gerakan yang teratur itu seolah-olah digerakan satu tubuh terus-menerus menari dengan kompak .
            Penilaian dititik beratkn pada kemampuan masing-masing grup dalam mengikuti gerak ,tari dan lagu (syair yang disajikan oleh pihak lawan . Tak salah jika tari Samn banyak memikat hati para penikmat seni tari. Bukan hanya di Indonesia tapi juga di manca Negara .


Apresiasi Tari Saman

            Diakuinya tari Saman sebagai salah satu warisan budaya tak benda dari UNESO memberikan kebanggaan tersendiri . Karena tari Saman merupakan salah satu tarian yang unik yang menampilkan gerak tepuk tangan dan gerak badan,kepala dan posisi badan.
            Keragaman formasi dan ketpatan waktu adalah suatu keharusan dalam tarian ini , para penari dituntut untuk memiliki konsentrasi yang tinggi dan latihan yang serius.

Tarian saman umumnya dimainkan oleh belasan atau puluhan laki-laki tetapi jumlahnya harus ganjil. Tarian ini berfungsi sebagai media komunikasi,ajang silaturahmi dan sebagai hiburan.




















Tugas II
“Tari Tradisional”

Latar Belakang Tari Pendet



Tari Pendet adalah sejenis tari pemujaan yang dilahirkan di pura-pura. Tari ini menggambarkan penyambutan atas turunnya dewa-dewi ke Marcapada. Lama-kelamaan tari ini disalin oleh para seniman sehingga dapat  dijadikantari pertunjukan untuk hiburan dan tari selamat datang.
      Para penari pendet berdandan layaknya para penari upacara keagamaan yang sacral lainnya dengan memakai pakaian upacara masing-masing penari membawa perlengkapan sajian persembahan seperti sangku (wadah air suci),kendi, cewan dan yang lainnya.


Fungsi Tari Pendet
     
      Tari pendet sebagai tarian penyambutan, juga dapat dijadikan sebagai pertunjukan untuk hiburan dan tari selamat datang . pada zaman dahulu tari pendet ,merupakan tarian pura yang fungsinya untuk memuja para dewa-dewa yang berdiam di pura selama upacara odalan berlangsung. Sekarang tari pendet beralih fungsi menjadi tari hiburan atau tari penyambutan, berfungsi sebagai menyambut kedatangan tamuatau sering disebut dengan tarian selamat datang. Ungkapan kegembiraan kebahagiaan dan rasa syukur,diwujudkan melalui gerak-gerak yang indah






Peran Tari Pendet

      Tari pendet mempunyai peran sebagai tari wali dan bentuk tarian ini adalah berkelompok. Lahirnya tari pendet adalah sebuah ritual sacral di pura yang disebut mamendet atau mendet. Proses mendet berlangsung setelah pendeta mengumandangkan puja mantranya dan sesuai pementasan topemg sidakarya-teater sacral yang seara filosofis melegirimasi upacara keagamaan. Tari ini dibawakan secara berpasangan atau secara masal oleh kaum pria membawa perlengkapan sesajen dan bunga.

Penyajian Tari pendet

            Tari pendet biasanya dibawakan secara berkelompok atau berpasangan oleh para putri dan lebih dinamis dari tari rejang . Para penari pendet berdandan layaknya penari upacara keagamaan yang sakrallainnya. Tarian inimerupakan tarian yang dibawakan oleh sekelompok remaja putrimasing-masing membawa mangkuk perak (bokor) yang berisi dengan bunga. Pada akhir tarian para penari menaburkan bunga kearah penonton sebagai ucapan selamat datang.

Aspek gerak Tari Pendet
      Susunan gerakan dasar tari pendet diurutkan sebagai berikut:
F Ngumbang luk penyalin , barjalan kemuka belok kanan kiri dan ngentrag
F Duduk bersimpuh mengambil bunga lalu menyembah
F Leher ngilek kesamping kanan seraya nyeledet ( gerakan ini dilakukan 3 kali berturut-turut).
F Ngagem kanan disertai luk nurudut dan nyeledet ke kiri
F Ngajet gerak peralihan untuk berpindah dan menjadi agem kanan.
F Ngontag pinggang bertukar tempat dari kanan ke kiri
F Ngelung rebah kekiri dan kanan disertai dengan anguman tarik kanan kiri.
F Ngumbang ombak segera berjlan belok kebelakang dan ke muka
F Nyereseg ngider berputar dari kanan dan kiri berturut-turut sampai dua atau tiga kali
F Ngelung kiri-kanan beserta nyeledet kiri kanan atau beranjak dua terus berjalan
F Ngentrag berjalan cepat terus ngeseh dan menabur bunga sambil berjalan ngimbang luk penyalin
F Metanjek ngandang berputar kekiri dan ditutup dengan gerak nyakup hawa.

Tata Busana Tari Pendet
Pementasan tari pendet memerlukan beberapa macam perlengkapan busana dan juga property. Adapun perlengkapan macam-macam busana dan property tari pendet adalah :
1.      sabuk prada
2.      anteng
3.      kain songket
4.      bokor
Penilaian Tari Pendet

      Menurut saya tarian ini cukup menarik dan bagus Karena tarian ini tidak seperti halnya tarian-trian pertunjukan yang memerlukan latihan intensif dan tarian ini dapat ditarikan semua orang, pemangkus pria dan wanita,dewasa maupun gadis.     
      Tari pendet juga menjadi sorotan media karena tampil dalam program televise enigmatic Malaysia ,Menurut pemerintah Malaysia mereka tidak bertanggung jawab atas iklan tersebut karena dibuat oleh discorvery channel di Singapura. Meskipun demikian insidenpenayangan pendet dalam proogramtelevisi mengenai Malaysia ini semot memicu sentiment anti Malaysia di Indonesia.

Pesan yang Ingin Disampaikan

      Pendet merupakan pernyataan dari sebuah persembahan dalam bentuk tarian upacara.Tarian ini melambangkan penyambutan atas turunnya dewata ke alam dunia. Tari putri ini memiliki pola gerak yang lebih dinamis daripada tari rejang yang dibawakan seara berkelompok atau berpasangan biasanya ditampilkan setelah tari rejang dihalaman pura dan biasanya menghadap kearah suci dengan memakai pakaian upacara dan masing-masing penari membawa sangku kendi, cawan dan perlengkapan sesajen lain.

























Tari Kreasi Baru

Latar Belakang Tari Merak



Tari Merak merupakan tarian tradisional khas Jawa Barat. 
Tarian ini menceritakan tentang burung merak yang menampilkan keindahan bulu ekornya yang panjang dan berwarna-warni untuk mencuri perhatian sang betina. 
      Tari merak merupakan tarian kreasi baru yang diciptakan oleh seorang koreografer bernama Raden Tjetjep Somantri pada tahun 1950-an dan tahun 1965 dibuat koreografi barunya oleh Dra.Irawati Durban Arjan dan direvisi kembali pada tahun 1985 dan diajarkan kepada Romanita Santoso Pada tahun 1993.
Tari merak merupakan salah satu ragam tarian kreasi baru yang mengekspresikan kehidupan binatang yaitu burung merak. Tarian ini biasanya ditarikan berbarengan biasanya tiga penari atau bisa juga lebih. Gerakan tari merak lebih didominasi oleh gerakan yang menggambarkan keceriaan dan kegembiraan yang dipancarkan oleh sang merak jantan. Dan nilai keceriaan yang digambarkan dalam tari merak semakin jelas dengan penggunaan kostum yang digunakan oleh sang penari.

 Fungsi Tari Merak

           Tari merak mempunyai fungsi sebagai tari persembahan dan penyambutan pengantin . Berikut adalah beberapa fungsi tari merak :
-sebagai tarian persembahan untuk para tamu yang hadir dalam resepsi pernikahan
-sebagai tarian penyambutan untuk rombongan pengantin pria ketika menuju pelaminan
-sebagai tarian penyambutan tamu agung dalam sebuah acara atau ritual
- sebagai sarana untuk memperkenalkan budaya Indonesia dalam kancah internasional.




Peran Tari merak



      Tarian ini bercerita tentang tingkah laku burung merak jantan yang memiliki keindahan bulu ekor , tingkah laku burung merak inilah yang di visualisasikan menjadi tarian merak yang menggambarkan keceriaan dan keagungan gerak.
      Dalam adegan gerakan tertentu Waditra bonang dipukuli dibagian kayunya yang sangat keras sampai terdengar kencang itu merupakan bagian gerak seoasang merak yang sedang bermesraan.

Penyajian Tari Merak
Tarian ini ditarikan oleh kaum wanita, karena kaum wanita lebih cocok mencerminkan gerakan-gerakan yang dilakukan oleh burung merak jantan. Walaupun tarian ini dibawakan oleh penari wanita, namun sebenarnya tarian ini mengambarkan tingkah laku merak jantan dalam menebatkan pesonanya kepada merak betina.
Dalam membawakan tarian merak, umumnya penari akan menggunakan kostum yang berwarna – warni dengan aksesoris yang semakin mempertegas kesan burung merak jantan.Dan yang tidak pernah ketinggalan dalam kostum tari merak adalah sayap burung merak yang bisa dibentangkan dan hiasan kepala (mahkota) yang akan bergoyang – goyang ketika penari menggerakan kepalanya.

Penilaian Tari Merak
            Menurut pendapat saya tarian merak ini dalah tarian yang bagus dan unik karena tarian ini mencerminkan ciri khas burung merak, yang paling menarik perhatian adalah Kostumnya yang berwarna warni dan bagian sayapnya yang dipenuhi dengan payet dan dapat dibentangkan oleh sang penari. Dan mahkota yang berhiaskan kepala merak yang disebut singer akan bergoyang-goyang setiap penari menggerakkan kepalanya. Dalam tarian ini juga digambarkan bagaimana usaha merak jantan untuk menarik perhatian merak betina dengan memamerkan bulu ekornya yang indah dan panjang.

Pesan Yang Ingin Disampaikan


      Tarian ini bercerita tentang pesona merak jantan yang terkenal pesole untuk menarik perhatian betina . Sang jantan akan memperlihatkan keindahan bulu-bulu ekornya yang panjang dan berwarna-warni untuk menarik hati sang betina. Gerak-gerik sang jantan yang tampak seperti tarian yang gemulai untuk menampilkan pesona bahwa dirinya yang terbaik. Sehingga sang betina terpasona dan melanjutkan ritual perkawinan mereka. Setiap gerakan penuh makna, ceria dan gembira sehingga tarian ini digunakan sebagai tarian persembahan dan menyambut pengantin pria menuju pelaminan.
      Seperti burung-burung jantan lainnya, burung merak akan berlomba-lomba menampilkan keindahan bulu ekornya, untuk mencari pasangannya dengan gayanya yang anggun dan mempesona.




















Tari Modern

Latar Belakang Tari Ballet



      Ballet dikembangkan dalam ballet de cour, yaitu dansa sosial yang dimainkan bersama musik, pidato, berpuisi, nyanyian, dekor dan kostum oleh para ningrat Prancis. Ballet kemudian berkembanng sebagai bentukan seni tersendiri di Pranis pada masa pemerintahan Raja Louise XIV yang sangat mencintai seni tari dan bertekad untuk memajukan kealitas seni. Sang raja mendirikan akademi royale de dance pada tahun 1661, dan pada tahun yang sama balet komedi karya Jean-Baptislully, ditampilkan.
      Abad ke-18 merupakan periode dimana standar teknis balet menjadi sangat maju. Kemajuan ini disebabkan oleh karya penting dari Jean-georges Noverre yang berjudul Lettres Sur La dance et less ballets( 1760 ) yang merintis perkembanganya balet d’action . Dimana penari diharuskan mengekspresikan karakter dan menampilkan nasari ceria.
      Abad 19 merupakan periode dimana banyak terjadi perubahan sosial. Perubahan ini juga tercermin dalam balet yang bergeser jauh dari bentukan seni yang sangat ningrat . Ballerina merintis teknik baru berupa pointe-work yang menyebabkan peran ballerina menjadi sangat penting diatas panggung. Balet mengalami penurunan pamor setelah 1850 dikebanyakan Negara barat selain Denmark dan Rusia. Sanggar balet rusia, setelah perang dunia II , banyak melakukan tur keliling dunia, menjaga balet tetap hidup dan dikenal masyarakat umum.

Fungsi Tari Balet
Balet berakar pada acara pertemuan. Tak hanya dapat menjaga tubuh tetap ramping, balet juga melatih orang untuk disiplin dan lebih percaya diri. Dari proses belajar ini anak diajarkan untuk disiplin yang akan berfungsi merangsang pola pikir dan sikap mental positif dari anak bahwa untuk mencapai suatu tujuan diperlukan usaha, proses, dan ketekunan.




Peran Tari Balet



      Tari balet berpengaruh positif terhadap perkembangan fisik dan psikis anak karena bisa dijadikan ajang untuk mereka berlatih membentuk tubuh sekaligus kepribadian. Balet juga mempunyai pengaruh dalam membentuk kecerdasan sosial bagi anak. Les balet mengajarkan anak untuk pandai bersosialisasi, berkelompok dan bekerjasama. Belajar tari balet sebaiknya dimulai saat masih anak-anak atau saat dewasa dimulai dari dasar.
Seperti misalnya pada saat  pemula  mempelajari dasar-dasar les ballet termasuk cara berdiri yang benar membentuk poin, dan gerakan-gerakan dasar lainnya , terkadang seseorang kurang memperhatikan tahap ini. Akibatnya ketika ia belajar pada tingkat yang lebih tinggi, ia tidak dapat melakukannya dengan baik, dengan kata lain teknik yang dimilikinya lemah sehingga dapat mengakibatkan ketidak-leluasaan gerak bahkan dapat menyebabkan cedera.  Untuk menunjang itu semua kita membutuhkan sekolah yang mampu memberikan kita pembelajaran yang baik dengan silabus yang terstruktur. Dari sinilah anak akan belajar untuk memilih media terbaik untuk mendukung cita-citanya.

Penyajian Tari Balet
Balet adalah sebuah seni tari istimewa yang ditarikan dengan cara khusus di atas panggung sehingga berbeda dengan tarian pada umumnya menggunakan langkah, gerakan, musik, kostum dan tata rias, serta set panggung untuk bercerita dan membakar imajinasi penonton.Yang lebih penting adalah diperlukannya disiplin tinggi serta mental yang kuat. Yang membuat balet spektakuler dan berbeda dari jenis tari lain adalah para ballerina-nya memakai pointe shoes atau toe shoes saat menari. Menari sambil berjinjit dengan mengenakan sepatu yang keras membuat balet menjadi spektakuler. Tentu saja menari dengan mengenakan pointe shoes harus ditunjang dengan bentuk kaki yang lurus serta teknik yang tinggi. Ballet danseur atau penari ballet pria tidak memakai sepatu jenis ini, sejak mula hingga seterusnya mereka memakai soft shoes yang lebih fleksibel.
Seorang balerina yang memeragakan tarian balet,sebagai berikut :
v  Diam Seimbang
Seorang balerina memulai tariannya dengan berjinjit seimbang di atas satu kaki, kaki yang lain terangkat ke belakang, dan tangan terangkat ke atas. Menurut hukum keseimbangan, posisi berdiri diatas daerah kecil bisa tercapai jika pusat berat balerina tepat di atas titik tumpunya. Tetapi ketika posisi pusat berat balerina menyimpang dari posisi seimbang, maka gaya gravitasi akan membuat balerina terpelanting dalam waktu yang relatif singkat.
v  Bergerak
Setelah melakukan gerak diam seimbang, seorang balerina akan bergerak. Ketika balerina bergerak maju, yang ia lakukan adalah menekan lantai dengan kakinya ke arah belakang. Pada saat mendapat tekanan, lantai bereaksi dan mendorong kaki balerina dengan gaya yang sama besar ke arah depan sehingga balerina bergerak maju. Makin keras kaki balerina menekan lantai, makin cepat balerina bergerak maju. Konsep ini juga kita gunakan pada waktu berjalan. Seorang balerina mengetahui cara memperoleh gaya ke samping. Ketika balerina akan membelok ke kanan, kakinya akan menekan lantai ke kiri. Lantai akan memberikan reaksi dan menekan balerina ke kanan sehingga lintasannya berbelok ke kanan. Makin keras balerina menekanlantai, makin tajam belokannya.
v  Melompat
Untuk melakukan gerak melompat, balerina menekan kakinya pada lantai secara vertikal. Dengan memberikan tekanan pada lantai, lantai memberikan reaksi dengan mendorong kaki balerina ke atas. Jika ingin mendapatkan lompatan yang lebih tinggi, maka pada saat melompat lututnya ditekuk. Di sini tekukan lutut bertindak seperti pegas yang tertekan, siap melontarkan benda yang menekannya.

v  Berputar
Untuk melakukan gerak berputar, balerina menggerakkan ujung sepatu depan dan belakang ke samping berlawanan. Lantai akan memberikan reaksi dengan memberikan gaya yang berlawanan pada kedua ujung sepatu. Ketika sudah berputar, balerina dapat mengatur kecepatan putarnya dengan mengatur besar momen kelembamannya. Momen kelembamannya merupakan kecenderungan benda untuk mempertahankan posisinya untuk tidak ikut berputar.

Penilaian Tari Balet



Menurut saya balet merupakan tarian modern yang cukup unik dan mengasyikan. Untuk dapat melakukan tarian balet ini tidaklah mudah, diperlukan latihan khusus yang melibatkan kelenturan organ tubuh serta kelincahan gerakan. Namun banyak orang yang berminat dengan tarian balet, karena selain menyehatkan juga sangat mengasikkan dalam belajar tari balet.

Pesan Yang Ingin Disampaikan
     
      Kecerdasan spiritual dapat terbentuk dengan baik melalui latihan balet karena ada makna yang bersufat spiritual yang diajarkan disisipkan dalam tema-tema pementasan balet. Oetoyo mengatakan untuk mendapatkan bibit penari balet professional memang harus dimulai sejak kecil. Pemerhati anak sekaligus Komisi Nasional (Komnas anak) Seto Mulyadi mengatakan sudah saatnya kita menghapus citra balet sebagai tari yang mahal. Sebab semua anak berhak dan bisa belajar dari Eropa Klasik itu.

Memahami orang lain

Pernahkah anda merasa tersisih atau diacuhkan oleh teman?  atau anda pernah berdebat dengan seseorang? dan anda menganggap lawan debat anda adalah orang yang selalu mencari pembenaran ? atau pernahkah anda mengalami saat anda menyampaikan kabar yang benar tetapi justru orang-orang menganggap anda seperti seorang pembohong? Sepertinya situasi ini semua orang pernah mengalaminya.... ^_^

Menuju usia dewasa mungkin akan lebih banyak godaan yang datang .. begitupun dalam pertemanan,persahabatan .. bahkan mungkin asmara jika diantara kalian yg sudah punya pacar ..

untuk lebih peka terhadap orang sekitar .. mungkin sedikit dari saya bisa menambah pengetahuan untuk kita semua.. kita bisa memahami orang lain dengan cara mengetahui sifat mereka..ada 4 sifat manusia tentang ciri-ciri-,kekuatan dan kelemahan ..

 Tulisan ini bersumber dari beberapaa artikel yang saya peroleh dari surfing di internet .

Dalam pertemanan/persahabatan apabila kita kurang memahami watak dari teman kita, maka pertemanan sering bertengkar terus-menerus, Dengan memahaminya, maka kita akan sangat terbantu sekali. Kita dapat mengerti mengapa teman tiba-tiba sangat marah tanpa sebab .Kita juga dapat memahami mengapa teman kita tidak mau nendengar sedikitpun pendapat kita, tak mau kalah, cenderung mempertahankan diri, selalu merasa benar dengan pendapatnya dan makin sengit bertengkar kalau kita mau coba-coba untuk mengalahkannya.
Florence Litteur, penulis buku terlaris “Personality Plus” menguraikan, ada 4 (empat) pola watak dasar manusia, yaitu sanguinis, melankolis, koleris, dan plegmatis.

* SANGUINIS (Yang Populer)
Mereka cenderung ingin populer, ingin disenangi oleh orang lain (saya sedikit tersindir) hehe. Hidupnya penuh dengan bunga warna-warni. Mereka senang sekali bicara tanpa bisa dihentikan. Gejolak emosinya bergelombang dan transparan. Pada suatu saat ia berteriak kegirangan, dan beberapa saat kemudian ia bisa jadi menangis tersedu-sedu.
Namun orang-orang sanguinis ini sedikit agak pelupa, sulit berkonsentrasi, cenderung berpikir `pendek’, dan hidupnya serba tak beratur. Jika suatu kali anda lihat meja kerja pegawai anda cenderung berantakan, agaknya bisa jadi ia sanguinis. Kemungkinan besar ia pun kurang mampu berdisiplin dengan waktu, sering lupa pada janji apalagi bikin rencana. Namun kalau disuruh melakukan sesuatu, ia akan dengan cepat mengiyakannya dan terlihat sepertinya betul-betul hal itu akan ia lakukan. Dengan semangat sekali ia ingin buktikan bahwa ia bisa dan akan segera melakukannya. Tapi percayalah, beberapa hari kemudian ia tak lakukan apapun juga.
Seorang sanguinis mempunyai kekuatan dan kelemahan sebagai berikut :

Kekuatan : suka bicara, antusias, ekspresif, ceria, penuh rasa ingin tahu, hidup di masa sekarang, mudah berubah (banyak kegiatan/keinginan), berhati tulus, kekanak-kanakan, senang berkumpul (untuk bertemu dan bicara), umumnya hebat di permukaan, mudah berteman dan menyukai orang lain, senang dengan pujian, ingin menjadi perhatian, menyenangkan dan dicemburui orang lain, mudah memaafkan (tidak menyimpan dendam), mengambil inisiatif/menghindar dari hal-hal yang membosankan, spontanitas, serta seorang yang demonstratif dan emosional.

Kelemahan : suara dan tertawa yang keras, membesar-besarkan suatu hal, susah diam, mudah dikendalikan oleh keadaan/orang lain (suka nge-Gank), sering minta persetujuan, RKP! (Rentang Konsentrasi Pendek), banyak bicara saat bekerja dan melupakan kewajiban, mudah berubah-ubah, susah tepat waktu jam kantor, prioritas kegiatan kacau, mendominasi,percakapan, suka menyela dan susah mendengarkan dengan tuntas, sering mengambil permasalahan orang lain menjadi seolah-olah masalahnya, egoistis, sering berdalih dan mengulangi cerita-cerita yang sama, serta konsentrasi ke “How to spend money” daripada “How to earn/save money”.

*MELANKOLIS (Yang Sempurna)
Mereka agak agak berseberangan dengan sanguinis. Seorang melankolis cenderung serba teratur, rapi, terjadwal, tersusun sesuai pola. Umumnya mereka ini suka dengan fakta-fakta, data-data, angka-angka dan sering sekali memikirkan segalanya secara mendalam. Dalam sebuah pertemuan, orang sanguinis selalu saja mendominasi pembicaraan, namun orang melankolis cenderung menganalisa, memikirkan, mempertimbangkan, lalu kalau bicara pastilah apa yang ia katakan betul-betul hasil yang ia pikirkan secara mendalam sekali.
Orang melankolis selalu ingin serba sempurna dan ingin teratur. Karena itu jangan heran jika balita anda yang `melankolis tak `kan bisa tidur hanya gara-gara selimut yang membentangi tubuhnya belum tertata rapi. Dan jangan pula coba-coba mengubah isi lemari yang telah ia disusun, sebab betul-betul ia tata-apik sekali, sehingga warnanya, jenisnya, klasifikasi pemakaiannya sudah ia perhitungkan dengan rapi. Kalau perlu ia tuliskan satu per satu tata letak setiap jenis pakaian tersebut. Ia akan dongkol sekali kalau susunan itu tiba-tiba jadi lain
Seorang melankolis mempunyai kekuatan dan kelemahan sebagai berikut :

Kekuatan : analitis, mendalam, dan penuh pikiran, serius dan bertujuan, terjadwal, artistik, musikal dan kreatif, sensitif, mau mengorbankan diri dan idealis, standar tinggi dan perfeksionis, senang perincian, tekun, serba tertib dan teratur (rapi), hemat, melihat masalah dan mencari solusi kreatif (sering terlalu kreatif), kalau sudah mulai, dituntaskan, berteman dengan hati-hati, puas di belakang layar, menghindari perhatian, mau mendengar keluhan, setia, serta sangat memperhatikan orang lain.

Kelemaan : cenderung melihat masalah dari sisi negatif, murung dan tertekan, mengingat yang negatif dan pendendam, mudah merasa bersalah dan memiliki citra diri rendah, lebih menekankan pada cara daripada tercapainya tujuan, tertekan pada situasi yang tidak sempurna dan berubah-ubah, terlalu menganalisa dan merencanakan (if..if..if..), standar tinggi, hidup berdasarkan definisi, sulit bersosialisasi, sensitif terhadap kritik yang menentang dirinya, sulit mengungkapkan perasaan (cenderung menahan kasih sayang), serta skeptis terhadap pujian).

*KOLERIS (Yang Kuat)
Mereka suka sekali mengatur orang, suka tunjuk-tunjuk atau perintah-perintah orang. Ia tak ingin ada penonton dalam aktivitasnya. Bahkan tamu pun bisa saja ia suruh melalukan sesuatu untuknya. Akibat sifatnya yang `bossy’ sehingga orang koleris tak punya banyak teman. Orang-orang berusaha menghindar, menjauh agar tak jadi `korban’ karakternya yang suka `ngatur’ dan tak mau kalah itu.
Orang koleris senang dengan tantangan, suka petualangan. Mereka punya rasa, “hanya saya yang bisa menyelesaikan segalanya; tanpa saya berantakan semua”. Karena itu mereka sangat “goal oriented”, tegas, kuat, cepat dan tangkas mengerjakan sesuatu. Baginya tak ada istilah tidak mungkin. Seorang wanita koleris, mau dan berani naik tebing, memanjat pohon, bertarung ataupun memimpin peperangan. Kalau ia sudah kobarkan semangat “ya pasti jadi”, maka hampir dapat dipastikan apa yang akan ia lakukan akan tercapai seperti yang ia katakan. Sebab ia tak mudah menyerah, serta tak mudah pula mengalah.
Seorang koleris mempunyai kekuatan dan kelebihan sebagai berkut :

Kekuatan : seorang leader, pengambil keputusan, dinamis, aktif, sangat memerlukan perubahan, berkemauan keras dalam mencapai sasaran, bebas dan mandiri, suka tantangan, berprinsip “Hari ini harus lebih baik dari kemarin, hari esok harus lebih baik dari hari ini”, solutif, praktis, dan bergerak cepat, mendelegasikan pekerjaan dan orientasi berfokus pada produktivitas, membuat dan menentukan tujuan, mau memimpin dan mengorganisasi, biasanya punya visi, serta unggul dalam keadaan darurat.

Kelemahan : tidak sabar dan cepat marah, senang memerintah, susah sedikit santai, menyukai kontroversi dan pertengkaran, terlalu kaku dan keras, tidak menyukai air mata dan emosi tidak simpatik, serta tidak suka yang bertele-tele, keputusan sering tergesa-gesa, banyak tuntutan pada orang lain, cenderung memperalat orang lain, menghalalkan segala cara demi tujuan, gila kerja, sulit minta maaf, mungkin selalu benar tetapi tidak popular.

*PLEGMATIS (Cinta Damai)
Mereka tak suka terjadi konflik, karena itu disuruh apa saja ia mau lakukan, meski ia tidak suka. Baginya kedamaian adalah segalanya. Jika timbul masalah ia akan berusaha mencari solusi yang damai tanpa timbul pertengkaran. Ia mau merugi sedikit atau rela sakit, asalkan masalahnya segera selesai.
Kaum plegmatis kurang bersemangat, kurang teratur dan serba dingin, cenderung diam, kalem, dan kalau memecahkan masalah umumnya sangat menyenangkan. Dengan sabar ia mau jadi pendengar yang baik, tapi kalau disuruh untuk mengambil keputusan ia akan terus menunda-nunda. Kalau anda lihat tiba-tiba ada sekelompok orang berkerumun mengelilingi satu orang yang asyik bicara terus, maka pastilah para pendengar yang berkerumun itu orang-orang plegmatis. Sedang yang bicara tentu saja sanguinis.
Berurusan dengan orang plegmatis bisa serba salah. Ibarat keledai, “kalau didorong ngambek, tapi kalau dibiarin tiak jalan”. Jika kita punya pegawai plegmatis, anda harus rajin memotivasinya sampai ia termotivasi sendiri.
Seorang plegmatis mempunyai kekuatan dan kelemahan sebagai berikut :

Kekuatan : mudah bergaul, santai, tenang, teguh, sabar, pendengar yang baik, tidak banyak bicara, cenderung bijaksana, simpatik, baik hati, sering menyembunyikan emosi, kuat di bidang administrasi, cenderung ingin segalanya terorganisasi, penengah masalah yang baik, cenderung berusaha menemukan cara termudah,baik di bawah tekanan, menyenangkan dan tidak suka menyinggung perasaan, humoris,senang melihat dan mengawasi, peduli, serta mudah rukun dan damai

Kelemahan : cenderung tidak suka perubahan/kegiatan baru, takut dan khawatir, menghindari konflik dan tanggung jawab, keras kepala, sulit kompromi (karena merasa benar), terlalu pemalu dan pendiam, humor kering dan mengejek (sarkatis), kurang berorientasi pada tujuan, sulit bergerak dan kurang memotivasi diri, lebih suka sebagai penonton daripada terlibat, tidak senang didesak, serta suka menunda-nunda/menggantungkan masalah.
Setelah membaca uraian diatas, apakah sekarang anda sudah mengetahui anda masuk golongan apa?Lalu bagaimana dengan orang-orang terdekat anda, mereka masuk golongan apa? Jangan-jangan anda sekarang mulai mengerti mengapa suami-istri-anak-rekan anda berperilaku “seperti itu” selama ini. Dan anda pun akan tertawa sendiri mengingat-ingat berbagai perilaku dan kejadian selama ini.
Dalam diri manusia tidaklah memiliki watak yang identik seperti uraian diatas. Menurut Florence Litteur, dalam penelitiannya bahwa ternyata keempat watak itu pada dasarnya juga dimiliki setiap orang, hanya `kadar\nya

okee... termasuk tipe apakah andaa ...